Letusan Merapi Tak Terkait Gempa Mentawai

Letusan Merapi Tak Terkait Gempa Mentawai
Letusan Merapi Tak Terkait Gempa Mentawai
JAKARTA - Meski terjadi hampir bersamaan, gempa di Mentawai dinilai tidak terkait dengan aktivitas gunung Merapi di Jawa Tengah. Selain letaknya yang jauh, aktivitas Merapi terkait siklus vulkanik empat tahunan, sementara gempa di Mentawai terkait pergeseran lempeng tektonik.

"Terlalu spekulatif kalau disimpulkan ada keterkaitan satu dengan yang lainnya. Kalau misalnya gempa Mentawai memicu aktivitas vulkanis, mengapa gunung Talang atau Anak Krakatau yang lebih dekat dengan Mentawai tidak meletus lebih dulu," kata pakar kebumian ITB Hasanuddin Abidin ketika dihubungi tadi malam (28/10).

Bukti lainnya, ketika terjadi gempa besar yang berpusat di Bantul pada 2006, tidak terjadi peningkatan aktivitas vulkanis pada Merapi. "Mungkin hanya kebetulan saja kalau waktunya berdekatan," tuturnya.

Hasanuddin menjelaskan, aktivitas vulkanik satu gunung berapi bisa saja memicu aktivitas gunung api lain yang masih aktif. Misalnya aktivitas Merapi akan memicu aktivitas gunung Semeru. Ini disebabkan ada pipa besar yang menghubungkan dapur magma kedua gunung aktif tersebut.

JAKARTA - Meski terjadi hampir bersamaan, gempa di Mentawai dinilai tidak terkait dengan aktivitas gunung Merapi di Jawa Tengah. Selain letaknya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News