Limbah Hitam Cemari Perairan Batam

Limbah Hitam Cemari Perairan Batam
Foto : Yusuf Hidayat/Batam Pos/JPNN
BATAM - Badan Pengendali Dampak Lingkungan (Bapedalda) Kota Batam, tengah dibuat pusing dengan limbah oli yang berasal dari kapal di perairan internasional di dekat Pulau Batam.

Bibir pantai di kawasan Tanjung Memban Batubesar, Nongsa, Batam dipenuhi cairan hitam pekat yang diakibatkan aktivitas ilegal dari pengusaha kapal asing yang melakukan pembersihan tanki (tank cleaning) di perairan internasional (OPL).

Kepala Bapedalda Kota Batam, Dendi Purnomo, menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan Oil Boom untuk mengantisipasi datangnya sisa ratusan karung limbah yang kini masih berada di perairan Terumbu Gelang, dekat Tanjung Memban Batubesar, Batam. Alat tersebut biasa digunakan dalam kasus-kasus pencemaran yang terjadi di laut.

"Kita akan lokalisir sisa limbah tersebut dengan oil boom, untuk mengantisipasi penyebarluasan limbah yang ada di sana," ujar Dendi, kepada wartawan saat melakukan kerja bakti pembersihan limbah yang menutupi bibir pantai Tanjung Memban, Kamis (14/1).

BATAM - Badan Pengendali Dampak Lingkungan (Bapedalda) Kota Batam, tengah dibuat pusing dengan limbah oli yang berasal dari kapal di perairan internasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News