Skandal Century Bisa Berdampak Sistemik

Skandal Century Bisa Berdampak Sistemik
Skandal Century Bisa Berdampak Sistemik
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban mengingatkan, skandal Bank Century yang diduga telah merugikan keuangan negara Rp 6,7 triliun bisa berdampak sistemik. Kemungkinan berdampak sistemik itu, menurut Kaban, setelah menyaksikan berbagai keterangan yang disampaikan para terperiksa di hadapan Pansus Hak Angket Century.

"Soal proses bailout saja misalnya, terlalu banyak versi yang beredar, sehingga sulit bagi masyarakat untuk memahaminya," kata Kaban, di sela-sela Silaturahmi Alumni Menwa Indonesia, di Kirana Room, Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Kamis (14/1).

Perkembangan terkini, dari investigasi Pansus terhadap terperiksa mantan Ketua KSSK Sri Mulyani Indrawati, terungkap bahwa Presiden SBY disebut-sebut mengetahui seluruh proses yang terjadi dalam mengambil keputusan bailout Bank Century. "Di sisi lain, sebelumnya Presiden telah berulang kali membantah hal tersebut," kata Kaban.

Hal lain yang juga tidak diperkirakan sebelumnya adalah pengakuan Sri Mulyani kepada Wapres saat itu, Jusuf Kalla, bahwa dirinya ditipu oleh data yang disodorkan Bank Indonesia (BI), sehingga bailout membengkak menjadi Rp 6,7 triliun. Demikian juga halnya dengan sumber dana bailout, yang oleh Menkeu Sri Mulyani dinyatakan bukan sebagai uang negara, (hingga) dengan demikian tidak terdapat kerugian negara.

JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban mengingatkan, skandal Bank Century yang diduga telah merugikan keuangan negara Rp 6,7

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News