Lobi Bersani Cari Solusi Krisis Italia

Lobi Bersani Cari Solusi Krisis Italia
Lobi Bersani Cari Solusi Krisis Italia
ROMA - Krisis politik di Italia belum reda menyusul deadlock pasca-pemilihan umum (pemilu) parlemen pada 24-25 Februari lalu. Kebuntuan belum teratasi setelah tidak ada satu pun partai politik yang memenangi suara dan kursi mayoritas, terutama di senat (majelis tinggi), dalam pemilu tersebut.

 

Pemimpin kelompok kiri-tengah Pier Luigi Bersani terus melobi dan melakukan negosiasi dengan berbagai kekuatan politik untuk memecahkan kebuntuan. Sejauh ini negosiasi berjalan alot. Bersani mengakui bahwa kubunya memang menduduki posisi pertama, tetapi bukan pemenang pemilu.

 

Pasar dan investor pun berharap cemas. Mereka nervous dengan kebuntuan politik di Italia hingga kemarin (27/2). Bersani memperingatkan bahwa protes luas antipengetatan anggaran yang mengakibatkan parlemen Italia tak segera terbentuk harus dicarikan jalan keluar.

"Kami khawatir bahwa kita sedang berada dalam situasi dramatis. Kami khawatir risiko yang akan dihadapi Italia," ujar Bersani dalam pidato pertama pasca-pemilu kemarin. Dia menyatakan bahwa efek dari mandeknya proses politik di Italia akan berpengaruh pada Eropa secara keseluruhan.

 

ROMA - Krisis politik di Italia belum reda menyusul deadlock pasca-pemilihan umum (pemilu) parlemen pada 24-25 Februari lalu. Kebuntuan belum teratasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News