Longsor, Ayah-Anak Terhimpit Tembok Rumah

Longsor, Ayah-Anak Terhimpit Tembok Rumah
Longsor, Ayah-Anak Terhimpit Tembok Rumah

jpnn.com - CIKONENG - Asikin (45) dan Yudi (16) tertimbun reruntuhan saat longsor merobohkan rumah mereka di Dusun Carikbatu Desa Nasol Kecamatan Cikoneng Minggu pagi (13/7). Akibatnya ayah dan anak itu mengalami luka ringan pada bagian kaki.

Menurut Tati (40), istri Asikin, longsor terjadi sekitar pukul 06.30 saat suami dan anaknya masih tertidur di dalam kamar. Sementara dia dan si bungsu tiduran di ruangan tengah. Saat itu Tati dan anak mendadak terbangun karena mendengar suara gemuruh dan teriakan suami serta anak keduanya dari dalam kamar. Saat itu Asikin dan Yudi tampak sudah terhimpit tembok rumah di kamar tengah.

“Saya keluar rumah teriak minta tolong ke tetangga,” ujar Tati sambil menangis.

Tak lama berselang, lanjutnya, semua tetangganya datang menolong suami dan anaknya yang tidak bisa keluar dari himpitan tembok kamar. Keduanya kemudian diselamatkan dengan cara mendongkel reruntuhan tembok menggunakan kayu dan linggis serta cangkul.

“Kurang lebih sepuluh menit suami saya terhimpit tembok,” tuturnya.

Kepala Desa Nasol Oman Dihayat menyampaikan, dari laporan yang diterimanya ada dua kejadian di hari yang sama. Selain menimpa Asikin, satu kejadian lagi menimpa tiga rumah di Dusun Batu Malang. Semua rumah mengalami kerusakan pada bagian dinding akibat tanah dari tebing yang menimpa rumah. Tiga rumah lainnya yakni milik Sarjo (60) yang mengalami jebol pada bagian belakang. Dua lagi adalah rumah milik Asep (38) dan Maman (45) yang mengalami rusak ringan.

“Selain itu ada satu tiang listrik yang miring akibat tanahnya terbawa longsor,” terang dia.

Untuk sementara, rumah Asikin dikosongkan karena rusak parah. Semua barang-barangnya dievakuasi ke rumah saudara Asikin yang berjarak lima meter. Kejadian itu telah dia laporkan ke tingkat kecamatan. Pihaknya akan menggerakan masyarakat untuk gotong royong memperbaiki rumah Asikin.

CIKONENG - Asikin (45) dan Yudi (16) tertimbun reruntuhan saat longsor merobohkan rumah mereka di Dusun Carikbatu Desa Nasol Kecamatan Cikoneng Minggu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News