JPNN.com

Luar Biasa, Megaproyek China di Malaysia Tidak Terdampak Pandemi Corona

Selasa, 27 Oktober 2020 – 05:57 WIB
Luar Biasa, Megaproyek China di Malaysia Tidak Terdampak Pandemi Corona - JPNN.com
ECRL, proyek kereta api Malaysia yang digarap oleh perusahaan Tiongkok. Foto: AFP

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Jadwal pembangunan East Coast Rail Link (ECRL), megaproyek jalur kereta api Malaysia yang sedang digarap oleh China Communications Construction Company (CCCC), tidak terpengaruh oleh pandemi virus corona dan pengerjaannya lebih cepat dari jadwal.

Darwis Abdul Razak, CEO Malaysia Rail Link (MRL), anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Kementerian Keuangan Malaysia dan merupakan pemilik proyek ECRL, mengatakan bahwa konstruksi proyek tersebut terus berlangsung meski di tengah pandemi COVID-19. Dia pun menyatakan keyakinannya bahwa ECRL yang membentang sepanjang 640 kilometer itu akan rampung sesuai jadwal.

"Ini karena proyek secara keseluruhan sedikit lebih cepat dari jadwal, didorong oleh pekerjaan konstruksi yang cepat untuk penyelarasan ECRL di Seksi A dan Seksi B," tuturnya seperti yang dikutip kantor berita nasional Bernama dalam sebuah laporan pada Minggu (25/10).

Proyek ECRL dibagi menjadi tiga seksi dan diperkirakan rampung pada 2026 mendatang, dengan CCCC sebagai kontraktor utamanya.

Darwis mengungkapkan proyek tersebut hingga saat ini telah mencatat kemajuan 18,10 persen secara keseluruhan dibandingkan dengan 16,86 persen pada Juni.

Konstruksinya sebagian besar mencakup pekerjaan tanah, penggalian terowongan, pekerjaan jembatan, fondasi dan saluran vertikal prefabrikasi.

"Jumlah lokasi pembangunan yang menjadi prioritas, di seksi A maupun B, diperkirakan akan bertambah menjadi 101 titik pada akhir tahun ini dibandingkan 27 titik pada tahun lalu," imbuhnya.

Pembangunan ECRL sempat dihentikan sementara sebelumnya pada tahun ini ketika pemerintah Malaysia menerapkan langkah-langkah pembatasan untuk menahan laju penyebaran COVID-19. Namun, pekerjaannya segera dilanjutkan setelah pembatasan itu dilonggarkan.

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil