Lukisan Pissarro Terjual Rp 389 Miliar

Lukisan Pissarro Terjual Rp 389 Miliar
Lukisan Boulevard Montmartre, matinee de printemps karya Camille Pissarro yang terjual dengan nilai fantastis. FOTO: AFP

jpnn.com - LONDON - Sebuah lukisan karya impresionis Camille Pissarro terjual GBP 19,9 juta atau setara Rp 389 miliar. Harga itu memecahkan rekor harga lukisan sang Pissarro.

Lukisan itu sebelumnya dimiliki kolektor seni Jerman Yahudi yang terpaksa menjual lukisannya kepada Nazi. Lukisan yang belum pernah dijual atau dilelang sebelumnya itu diperkirakan akan terjual dengan harga GPB 7-10 juta dalam lelang di Balai Sotheby's London.

Menurut BBC, Kamis (6/2), lukisan berjudul  Boulevard Montmartre, matinee de printemps awalnya dimiliki pengusaha Yahudi bernama Max Silberberg. Koleksi Silberberg memang tidak bisa diremehkan. Dia ternyata juga memiliki lukisan impresionis lainnya, seperti Manet, Monet, Renoir, Cezanne dan van Gogh. Koleksi itu disebut sebagai koleksi pra perang terbaik dari seni abad 19 dan 20 di Jerman.

Silberberg kemudian meninggal dunia oleh Nazi. Lukisan Pissarro itu lantas dikembalikan ke keluarga Silberberg pada 2000. "Kisah lukisan ini akan meningkatkan daya tariknya kepada pembeli,"  Helena Newman dari Sotheby's.

Rekor sebelumnya untuk Pissarro tercatat pada 2009 ketika lukisan berjudul 'Le Pont Boieldieu Et La Gare D'Orleans Rouen, Soleil' terjual GBP 4,3 juta. Sementara kuartet karya sang seniman yang berjudul 'Les Quatre Saisons' terjual GBP 8,96 juta pada 2007.

Lukisan Vincent van Gogh yang berjudul L'Homme Est En Mer juga dilelang dan terjual GBP 16,9 juta. Lukisan yang dibuat setelah van Gogh memotong telinganya dan masuk rumah sakit jiwa itu adalah rekor tertinggi lukisan Van Gogh di London dalam 25 tahun terakhir. (esy/jpnn)


LONDON - Sebuah lukisan karya impresionis Camille Pissarro terjual GBP 19,9 juta atau setara Rp 389 miliar. Harga itu memecahkan rekor harga lukisan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News