Luncurkan Rail Clinic, KAI Catat Rekor MURI

Luncurkan Rail Clinic, KAI Catat Rekor MURI
Pihak KAI menerima penghargaan dari MURI, dalam seremoni yang digelar di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (12/12). Foto: Yessy Artada/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) hari ini telah meluncurkan Kereta Kesehatan pertama di Indonesia, yang dinamai Rail Clinic. Peresmian ini sekaligus meraih rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Ketua MURI Jaya Suprana mengatakan pemberian rekor MURI tersebut sebagai apresiasi pihaknya atas terobosan KAI yang membuat layanan kesehatan di kereta.

"Ini luar biasa sekali, KAI mau memikirkan masyarakat untuk membuat klinik di dalam kereta dan membantu masyarakat yang kesulitan. Terutama akses daerah yang susah dijangkau," ujar Suprana di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (12/12).  

Sementara, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengungkapkan pembuatan Rail Clinic ini terinspirasi dari sebuah tulisan di salah satu media cetak. Di mana dengan kondisi demografis dan minimnya fasilitas kesehatan di wilayah terpencil, Indonesia butuh kereta kesehatan agar pasien cepat ditangani.

Mantan direktur aset KAI ini menyadari saat ini di beberapa wilayah yang dilalui jalur kereta, belum semuanya memiliki fasilitas kesehatan. Nah, diharapkan dengan adanya Rail Clinic ini, masyarakat yang tinggal di pedesaan, terutama yang dilalui jalur KA bisa m‎endapatkan fasilitas kesehatan dengan mudah.

"Clinic ini nantinya akan bertahap ya, bukan hanya satu saja. Nanti akan berada di wilayah Jawa Barat dan Sumatera," tandas Edi. (chi/jpnn)


JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) hari ini telah meluncurkan Kereta Kesehatan pertama di Indonesia, yang dinamai Rail Clinic. Peresmian ini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News