M Jasin pun Digarap Calo Paspor

M Jasin pun Digarap Calo Paspor
M Jasin pun Digarap Calo Paspor
MEDAN -- Sibuknya aktivitas di kantor-kantor pelayanan perizinan identik dengan ramainya calo. Hal ini dibuktikan saat Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bidang Reformasi Birokrasi, M Jasin inspeksi mendadak (sidak) di empat kantor pelayanan perizinan di Kota Medan.

"Dari empat yang saya kunjungi, kantor pelayanan perizinan masih banyak calo. Ini membuktikan pelayanan (perizinan) masih sangat besar masalahnya," kata Jasin usai sidak di Medan, kemarin (3/12).

Uniknya, pada saat sidak di Kantor Imigrasi Kelas I Wilayah Sumut, Jalan Gatot Subroto Medan, Jasin sempat ditawari jasa oleh seorang calo untuk mengurus paspor. Jasin dijamin akan menerima paspor dalam waktu tiga hari dengan biaya Rp550 ribu. Pada saat itu, Jasin sempat bertanya persyaratannya kepada calo tersebut. Si calo langsung membeberkan sejumlah persyaratan seperti foto copy KTP, ijazah, kartu keluarga dan lainnya.

Pada saat negosiasi pengurusan paspor, seorang calo lainnya sudah memberi isyarat bahwa yang ditawari adalah seorang pimpinan KPK. Namun, si calo terus melancarkan lobi-lobi 'jalur khusus'.  "Saya saja sempat ditawari oleh calo, ini kan membuktikan bahwa pelayanan perizinan di kota ini masih banyak calo," katanya tersenyum.

MEDAN -- Sibuknya aktivitas di kantor-kantor pelayanan perizinan identik dengan ramainya calo. Hal ini dibuktikan saat Wakil Ketua Komisi Pemberantasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News