MA Siapkan Pembagian Kamar Perkara

MA Siapkan Pembagian Kamar Perkara
MA Siapkan Pembagian Kamar Perkara
JAKARTA - Mahkamah Agung (MA) kini tengah mempersiapkan kamar perkara. Menurut Ketua MA, Harifin Tumpa kamar perkara bertujuan mengembangkan kepakaran dan keahlian hakim dalam mengadili perkara serta meningkatkan produktivitas dalam pemeriksaan perkara.

"Kama perkara ini juga akan mengurangi disparitas, dan memudahkan pengawasan putusan," kata Harifin dalam acara laporan tahunan MA 2010, di Gedung MA, Kamis, (24/2).

Diterangkan Harifin, dalam sistem kamar dari proses pengadilan akan dibuat sub-sub kamar terutama pada perkara yang mensyaratkan hakim Adhoc seperti korupsi, pengadilan hubungan industrial, HAM dan lainnya. "Kedepanya, Hakim Agung hanya berwenang memeriksa, mengadili dan memutus perkara yang terdapat dalam masing-masing kamar," ujar

Harifin menjelaskan pembagian kamar perkara merupakan satu dari lima prioritas menjadikan MA sebagai embaga yang kredibel dan transparan. Prioritas ini dituangkan dalam cetak biru (blue print)  reformasi peradilan untuk 25 tahun ke depan (2010-2035).

JAKARTA - Mahkamah Agung (MA) kini tengah mempersiapkan kamar perkara. Menurut Ketua MA, Harifin Tumpa kamar perkara bertujuan mengembangkan kepakaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News