Mak Ganjar Sosialisasikan Program BERDIKARI kepada Ibu-Ibu di Bogor

Mak Ganjar Sosialisasikan Program BERDIKARI kepada Ibu-Ibu di Bogor
Mak Ganjar menysosialisasikan program BERDIKARI kepada ibu-ibu yang ada di Bogor. Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Sukarelawan Mak Ganjar Jawa Barat terus menyosialisasikan program BERDIKARI (Berkebun di Pekarangan Sendiri) untuk meningkatkan ketahanan pangan.

Kali ini mereka menggelar sosialisasi di Perum Ambar Waringin, Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/3).

Koordinator Wilayah (Korwil) Mak Ganjar Jabar Nurapsi mengatakan program tersebut digelar karena ada aspirasi dari masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan rumah dan ditanami tanaman seperti buah, sayuran, dan rempah-rempah.

"Kegiatan itu dilakukan untuk mengoptimalkan fungsi mak-mak agar bisa produktif dengan melakukan aktivitas berkebun di pekarangan rumah," kata Nurapsi.

Program berkebun dengan memanfaatkan pekarangan rumah digulirkan setelah melihat potensi yang ada di daerah tersebut, sedangkan pemenuhan kebutuhan sayuran masing-masing keluarga didatangkan dari luar daerah.

"Kami mendatangkan mentor yang sudah berpengalaman serta kebutuhan bibit dalam melakukan praktiknya," kata dia.

Berbagai macam jenis sayuran yang dikembangkan warga ini terdiri dari kangkung, kacang panjang, bayam, terong, cabai, gambas, tomat rampai dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah maupun menggunakan karung bagi warga yang tidak memiliki lahan pekarangan rumah.

"Selain tanaman sayuran, juga direncanakan penambahan bibit tanaman labu kuning yang tepungnya dapat dimanfaatkan untuk pembuatan makanan ringan seperti puding, mi dan aneka makanan lainnya," ungkapnya.

Sukarelawan Mak Ganjar menyosialisasikan program BERDIKARI kepada para ibu-ibu yang ada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News