Makan di Atas Jam 7 Malam Bikin Gemuk?

Makan di Atas Jam 7 Malam Bikin Gemuk?
Ilustrasi. Foto Trozon

jpnn.com - jpnn.com - Makan di atas jam 7 malam sering dituding sebagai penyebab naiknya berat badan seseorang.

Kegemukan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari faktor genetik, hormonal, pengaturan pola makan, aktivitas fisik, pola tidur, kebiasaan sehari-hari, dan faktor-faktor lainnya.

Secara medis, terjadinya kegemukan dijelaskan dalam sebuah teori keseimbangan energi. Kegemukan terjadi jika energi yang masuk ke dalam tubuh melebihi energi yang keluar.

Tubuh mendapatkan energi dari asupan makanan yang Anda konsumsi. Sedangkan energi dikeluarkan untuk menjalankan fungsinya –seperti fungsi metabolisme, bergerak, berpikir, dan lainnya.

Lalu mengapa banyak rumor yang mengatakan bahwa makan di atas jam 7 malam menyebabkan kegemukan? Berikut penjelasannya seperti dikutip dari klikdokter.com.

Seperti dijelaskan di atas, kegemukan terjadi karena asupan makanan yang melebihi kebutuhan energi tubuh. Teori jam 7 malam ini biasa berkaitan dengan perilaku hidup seseorang.

Tanpa disadari, perilaku hidup sedentari lekat dengan kebiasaan menonton televisi sambil ngemil makanan ringan. Pada pekerja kantoran, kebiasaan ini kerap dilakukan di malam hari, biasanya setelah pulang dari kantor.

Nah, kebiasaan tersebut akan secara otomatis menyebabkan asupan energi yang berlebihan, sehingga berujung pada kegemukan.

Makan di atas jam 7 malam sering dituding sebagai penyebab naiknya berat badan seseorang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News