Makin Banyak Turis Tiongkok ke Bali, Tapi...

Makin Banyak Turis Tiongkok ke Bali, Tapi...
Penari Legong saat tampil di depan para wisatawan di Bali. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - BADUNG - Wisatawan mancanegara (wisman) asal Tiongkok kini membanjiri Bali. Bahkan kini jumlah turis asal Tiongkok yang berwisata ke Bali lebih banyak ketimbang wisman dari Eropa.

Menurut‎ Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Bali, Agung Gede Putra Yuniarta‎, saat ini tren kunjungan wisman ke Bali didominasi turis Tiongkok. Padahal, sebelumnya angka wisman ke Bali   didominasi turis Eropa dan Australia

"Ini ada pergeseran dari wisatawan Australia dan Eropa ke Tiongkok. Kalau sebelumnya, Australia dan Eropa mendominasi. Namun pasca-Imlek, turis Tiongkok yang paling banyak," ujar Agung di sela-sela acara pelatihan dasar kepariwisataan di Badung, Bali, Kamis (4/8)

Hanya saja, kata Agung, dampak membanjirnya turis Tiongkok kurang dirasakan masyarakat Bali. Sebab, turis Tiongkok lebih suka membawa guide dari luar Bali seperti Jawa.

Padahal, katanya, di Bali ada 9000 guide. Namun, kebanyakan kurang menguasai bahasa Mandarin.

"Mungkin karena guide Bali kurang fasih bahasa Mandarin makanya mereka tidak pakai guide kami. Tapi ini jadi dorongan bagi masyarakat Bali untuk belajar bahasa Mandarin," tuturnya.(esy/jpnn)


BADUNG - Wisatawan mancanegara (wisman) asal Tiongkok kini membanjiri Bali. Bahkan kini jumlah turis asal Tiongkok yang berwisata ke Bali lebih banyak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News