Malang : BBM-Elpiji Masih Aman

Malang : BBM-Elpiji Masih Aman
Malang : BBM-Elpiji Masih Aman
MALANG - Kendati permintaan BBM (bahan bakar minyak) dan elpiji di wilayah Malang Raya diperkirakan mendekati Lebaran mengalami kenaikan, tapi dipastikan stok aman. Apalagi tidak semua jenis BBM diburu masyarakat. Khususnya, solar malah akan mengalami penurunan, karena sebagian aktivitas industri terhenti dengan meliburkan karyawan.

Untuk permintaan BBM (bahan bakar minyak) diprediksikan akan meningkat sampai 30 persen mendekati Lebaran. Peningkatan tersebut masih berpeluang bertambah lagi saat Lebaran. "Kami sudah siapkan kebutuhan BBM. Intinya, kebutuhan masyarakat yang akan melaksanakan tradisi mudik tercukupi, ujar Sodikin, bagian keuangan UPms (unit pemasaran) V Depot Pertamina Malang

Kebutuhan BBM jenis premium per harinya di wilayah Malang Raya sekitar 1.600 kiloliter. Untuk solar, sekitar separonya, yakni 800 kilo kiloliter per harinya. "Kami sudah perkirakan, maksimal permintaan meningkat sampai 50 persen. Kami memiliki data setiap tahunnya, ya, di kisaran angka tersebut," ungkapnya.

Begitu pula dengan ketersediaan elpiji yang diperkirakan juga akan mengalami lonjakan. Bisa dipahami, karena saat Lebaran maka pola memasak masyarakat juga akan meningkat. Sejauh ini, stok juga dinyatakan aman. Kalau mengacu dari data setiap tahunnya, setiap hari kebutuhan elpiji tabung 3 kilogram mencapai 65 ribu tabung. Rinciannya, untuk wilayah Kota Malang sekitar 20 ribu tabung, Kabupaten Malang 40 ribu tabung, dan sisanya pemenuhan masyarakat di Kota Batu.

MALANG - Kendati permintaan BBM (bahan bakar minyak) dan elpiji di wilayah Malang Raya diperkirakan mendekati Lebaran mengalami kenaikan, tapi dipastikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News