JPNN.com

Malas Melepas Lensa Kontak Saat Mandi? Waspadai hal ini

Jumat, 30 Agustus 2019 – 11:43 WIB Malas Melepas Lensa Kontak Saat Mandi? Waspadai hal ini - JPNN.com

jpnn.com - Siapa yang suka malas melepas lensa kontak saat mandi? Apalagi jika setelah mandi masih harus beraktivitas. Kebiasaan ini harus dihentikan, karena ancamannya terhadap kesehatan mata tidak main-main.

Beda dengan kacamata, lensa kontak atau contact lens langsung berkontak dengan bagian terluar dari bola mata. Karena pertimbangan inilah, jika Anda memilih menggunakan lensa kontak, kebersihannya harus benar-benar dijaga.

Bahaya malas melepas lensa kontak saat mandi: infeksi kuman

Meski terlihat bersih, sesungguhnya air seperti air minum atau air keran bisa dipenuhi mikroorganisme. Salah satunya adalah Acanthamoeba, yang memang merupakan mikroorganisme alami yang terdapat di alam.

Dalam kondisi normal, mikroorganisme tersebut tidak berbahaya dan jarang menyebabkan penyakit. Namun jika berkontak dengan organ tubuh yang sensitif, tentu tetap dapat menyebabkan infeksi yang merugikan.

Acanthamoeba yang masuk ke mata melalui lensa kontak dapat menyebabkan keratitis Acanthamoeba, yaitu radang pada kornea mata akibat infeksi paraseit ini.

Lensa kontak yang tetap terpasang di bola mata saat mandi bisa membuat air terjebak di antara mata dan lensa kontak, sehingga mikroorganisme di dalamnya punya kesempatan untuk merusak lapisan kornea mata dan merusak sel-selnya.

Selain Acanthamoeba, ada pula ancaman infeksi bakteri Pseudomonas aeruginosa dan Staphylococcus aureus. Keduanya bisa dengan mudah ditemukan pada permukaan tanah dan air, bahkan tubuh manusia. Keratitis akibat bakteri pada umumnya dengan cepat menimbulkan iritasi. Jika mata mengalami iritasi atau merasakan ketidaknyamanan, sebaiknya hentikan penggunaan kontak lens untuk mencegah kondisi bertambah parah.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...