Malaysia Jadi Penampung TKI Arab Saudi

Malaysia Jadi Penampung TKI Arab Saudi
Malaysia Jadi Penampung TKI Arab Saudi
JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) sudah menyiapkan sejumlah negara yang dijadikan alternatif negara penempatan TKI akibat moratorium ke Arab Saudi. Diantaranya Malaysia. Saat ini, kedua negara sedang merampungkan MoU sebelum pencabutan moratorium ke negeri jiran tersebut.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan, pemilihan Malaysia sebagai negara alternatif karena MoU sudah hampir rampung. Saat ini, sedang dilakukan pembahasan MoU oleh Joint Task Force (JTF) kedua yang bertugas untuk mengawasi dan memonitor implementasi perjanjian.

"Penempatan TKI ke Malaysia dilakukan dibawah payung MoU Penempatan dan Perlindungan TKI ke Malaysia, baik untuk sektor formal maupun sektor informal (domestic)," terang Muhaimin usai penandatangan MoU dengan Kementerian Pertanian di Jakarta, Selasa (2/8).

Mantan Wakil Ketua DPR ini memperkirakan, MoU dengan Malaysia bakal rampung bulan depan. JTF kini masih membahas beberapa hal krusial seperti persiapan sistem perlindungan dan pola pemberangkan dan penempatan. Sedangkan cost structur sudah selesai dibahas.

JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) sudah menyiapkan sejumlah negara yang dijadikan alternatif negara penempatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News