Malaysia Tangani 10 Kasus Virus Corona, Mayoritas Pasien WN Tiongkok

Malaysia Tangani 10 Kasus Virus Corona, Mayoritas Pasien WN Tiongkok
Wabah virus corona yang menghantui Wuhan Tiongkok. Foto : AFP

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) melaporkan terdapat penambahan dua kasus baru corona atau 2019 novel coronavirus (2019-nCoV) yang dilaporkan ke Crisis Preparedness and Response Centre (CPRC) Kebangsaan sehingga jumlah total terjangkit menjadi 10 orang.

"Kasus baru yang pertama seorang laki-laki warga negara Tiongkok berumur 63 tahun yang berasal dari Wuhan dan tiba di KLIA (Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur) pada 18 Januari 2020. Beliau awalnya mengalami demam ringan pada 23 Januari 2020 dan telah mendapatkan perawatan sebagai pasien rawat jalan di sebuah rumah sakit swasta di Kuala Lumpur," ujar Menteri Kesehatan Malaysia, Dzulkefly Ahmad di Kuala Lumpur, Selasa (4/2).

Dzulkefly mengatakan kasus sudah disampaikan kepada KKM dan pasien telah ditempatkan di bawah perintah pengawasan dan pemantauan untuk tempo 14 hari.

"Pada 2 Februari 2020, demam masih berlanjut dan beliau telah dimasukkan ke HKL (Hospital Kuala Lumpur) bagi menerima perawatan lebih lanjut. Uji laboratorium positif 2019-nCoV pada 3 Februari 2020. Pasien kini berada dalam ruang isolasi dan dalam keadaan stabil," katanya.

Kasus baru yang kedua, ujar dia, merupakan seorang laki-laki warga negara Malaysia berumur 41 tahun.

"Beliau mempunyai sejarah perjalanan ke luar negeri dari 16 hingga 23 Januari 2020, bagi menghadiri musyawarah yang turut dihadiri oleh beberapa delegasi internasional termasuk negara Tiongkok. Beliau telah pulang ke Malaysia pada 23 Januari 2020. Pada 29 Januari 2020, beliau telah mendapatkan perawatan di sebuah pusat pengobatan swasta di Selangor karena demam dan batuk," katanya.

"Beliau telah dipastikan positif 2019-nCoV pada 3 Februari 2020 dan kini pasien berada dalam keadaan stabil. KKM telah berhubungan dengan kementerian kesehatan negara jiran tersebut dan mereka membenarkan bahwa aktivitas contact tracing telah dimulai," katanya.

KKM sedang bekerja sama dengan kementerian kesehatan negara yang terlibat untuk mengenal secara pasti sumber terjangkitnya dan waktu kejadiannya.

Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) melaporkan terdapat penambahan dua kasus baru corona atau 2019 novel coronavirus (2019-nCoV) yang dilaporkan

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News