JPNN.com

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Jantung

Selasa, 05 November 2019 – 04:08 WIB Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan Jantung - JPNN.com
Air kelapa. Foto Here-Asia/Shutterstock

jpnn.com - Air kelapa merupakan salah satu minuman segar yang sering dikonsumsi di cuaca panas. Selain rasanya enak, minuman yang satu ini juga punya segudang manfaat bagi tubuh Anda. Salah satunya adalah untuk kesehatan jantung.

Manfaat air kelapa untuk jantung

Dilansir dari Healthline, minum air kelapa secara rutin dipercaya mampu mengurangi risiko penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, tikus yang diberikan air kelapa secara rutin mengalami penurunan kolesterol dan jumlah trigliserida (lemak dalam darah). Bahkan, tikus-tikus ini juga mengalami penurunan jumlah lemak yang menempel pada hati. 

Selain itu, air kelapa juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat melancarkan aliran oksigen dalam darah. Saat ini terjadi, aliran oksigen bisa didapatkan dengan baik oleh seluruh anggota tubuh, termasuk bagian jantung. 

Tak hanya itu, penelitian pada hewan yang terpapar racun menunjukkan bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang mampu mengubah radikal bebas sehingga tidak lagi menyebabkan kerusakan. 

Sebagai informasi, peningkatan radikal bebas merupakan respons terhadap stres atau cedera. Ketika ada terlalu banyak radikal bebas, tubuh Anda memasuki keadaan stres oksidatif, yang dapat merusak sel-sel tubuh dan meningkatkan risiko penyakit

Di samping itu, seperti disampaikan oleh dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter, air kelapa juga kaya akan kalium.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy