Kamis, 16 Agustus 2018 – 00:03 WIB

Manfaat Yoga Bikram adakah Hubungannya dengan Panas?

Rabu, 14 Februari 2018 – 22:10 WIB
Manfaat Yoga Bikram adakah Hubungannya dengan Panas? - JPNN.COM

Yoga. FOTO: Laman India Times

jpnn.com - Sebuah studi baru menetapkan bahwa yoga Bikram (yang dilakukan di ruang hangat) bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular, namun suhu studio yang tinggi mungkin tidak sepenting yang dipikirkan.

"Ini masih merupakan bidang penelitian yang baru dan masih ada sedikit penelitian tentang yoga panas dibandingkan dengan gaya yoga lainnya," kata asisten profesor di departemen kesehatan dan kinerja manusia di Texas State University, Stacy D. Hunter, seperti dilansir laman Yahoo Health, Selasa (13/2)

Sejauh ini, Hunter mengatakan, penelitian telah menunjukkan bahwa Bikram memiliki manfaat untuk kesehatan mental, pengurangan kolesterol, insulin puasa, fleksibilitas, kesehatan arteri dan fungsi endotel (yang berkaitan dengan pelebaran arteri sebagai respons terhadap aliran darah).

"Tapi yang tidak kami ketahui adalah apakah lingkungan yang dipanaskan itu memang memainkan peran atau tidak," jelas Hunter.

Hunter adalah salah satu penulis penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Physiology, yang menguji 80 orang dewasa berusia antara 40 tahun dan 60 tahun selama 12 minggu.

Satu kelompok mempraktikkan yoga Bikram di sebuah studio panas (yang memiliki suhu sekitar 40 ° C) selama 90 menit, tiga kali seminggu.

Kelompok lain mempraktikkan Bikram pada frekuensi yang sama, namun di studio yang memiliki suhu sekitar 22 °C dan kelompok ketiga tidak mengubah aktivitas fisik mereka.

Para periset berpikir bahwa mereka yang berada dalam kelompok panas akan melihat lebih banyak perbaikan pada sel darah dan limfatik mereka dibandingkan dengan praktisi yoga di studio dengan suhu netral.

SHARES
TAGS   Yoga Manfaat Yoga
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar