Mantan Ajudan Ungkap Fakta soal Listyo Sigit Prabowo

Mantan Ajudan Ungkap Fakta soal Listyo Sigit Prabowo
Iptu Joko Agus (kanan) bersama Listyo Sigit Prabowo saat masih menjabat Kapolresta Surakarta. Foto: REPRO ANTONIUS C/RADAR SOLO

jpnn.com, SOLO - Sebelum menjadi Kapolri, Listyo Sigit Prabowo pernah memegang tongkat komando Polresta Surakarta.

Pria kelahiran Ambon 1969 itu menjabat sebagai Kapolresta Surakarta selama sembilan bulan, sejak April 2011 hingga Februari 2012.

Loyalitas tanpa batas menjadi slogan Listyo selama menjabat. Hal itu diungkapkan Ipda Joko Agus Prawono, mantan ajudan Listyo kala menjabat sebagai Kapolresta.

Saat itu pangkat Joko masih briptu.

Mendampingi Listyo sejak awal hingga akhir bertugas di Kota Bengawan, perwira pertama yang saat ini menjabat sebagai Kanit Provost Polresta Surakarta ini menuturkan, Listyo merupakan sosok pemimpin yang santun, berwibawa, dan tegas.

“Beliau sosok pemimpin yang tidak sungkan memberikan apresiasi kepada anggota yang menurut beliau pantas. Loyalitas, itu yang beliau tekankan. Baik langsung maupun lewat apel. Anggota masuk dan bertugas saja, itu sudah mendapat apresiasi tersendiri dari beliau,” kata Joko seperti dikutip dari Radar Solo.

Bentuk loyalitas ketika menjabat tidak hanya diberikan kepada internal satuan, namun juga kala melayani masyarakat Kota Bengawan. Tidak kenal capek. Hampir 24 jam digunakan Listyo untuk menjamin keamanan dan kenyamanan Kota Bengawan.

“Bapak (Listyo Sigit) itu bangun pagi. Kemudian sarapan lalu berangkat ke kantor. Kalau tidak ada rapat di luar kantor bersama forkompimda, biasanya bapak full di kantor. Pulang kantor, ke rumdin (rumah dinas), mandi, ganti baju, setelah itu 'muter,' patroli. Kalau Solo belum tidur, bapak juga belum tidur. Paling cepat beliau tidur pukul 03.00, kadang hingga 03.30. Dia ingin memastikan tidak ada gangguan kamtibmas,” kata Joko.

Selama 9 bulan di Surakarta, Listyo Sigit Prabowo ternyata meninggalkan kesan buat orang-orang di dekatnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News