Mantan PM Jago Masak Berpulang

Mantan PM Jago Masak Berpulang
Foto: Reuters
BANGKOK - Thailand berkabung. Mantan Perdana Menteri Samak Sundaravej yang dipaksa turun dari jabatannya karena tampil di acara memasak di televisi pada 2008 tutup usia.

Samak meninggal di usia 74 tahun karena mengidap kanker hati. Sosok yang dikenal sekutu terdekat Thaksin Shinawatra itu memimpin Partai Kekuatan Rakyat (PPP) memenangkan pemilu Desember 2007, yang menjadi pesta demokrasi pertama setelah kudeta militer yang melengserkan Thaksin setahun sebelumnya.

 

Samak telah berjuang melawan kanker hati lebih dari setahun belakangan. "Kondisinya terus memburuk dan memasuki masa kritis, Senin malam (23/11). Dia dibawa ke rumah sakit untuk dirawat secara intensif dan meninggal pagi ini (kemarin, Red)," ujar mantan sekretarisnya Teeraphon Noprampa seperti dikutip Agence France-Presse.

    

Jenazah Samak akan disemayamkan di Kuil Marble, Bangkok. Rencananya, hari ini dilakukan upacara Royal Bath, seremoni pemakaman agama Budha yang akan diselingi dengan penghormatan terakhir oleh sejumlah pejabat serta tokoh nasional Thailand.

BANGKOK - Thailand berkabung. Mantan Perdana Menteri Samak Sundaravej yang dipaksa turun dari jabatannya karena tampil di acara memasak di televisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News