Marzuki Alie Berharap ASEAN Wujudkan Integritas

Marzuki Alie Berharap ASEAN Wujudkan Integritas
Marzuki Alie Berharap ASEAN Wujudkan Integritas
JAKARTA - Ketua terpilih ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA), yang juga Ketua DPR, Marzuki Alie mengajak negara-negara yang tergabung dalam AIPA berkomitmen untuk menjadikan ASEAN sebagai jangkar hubungan regional utama.

"Komitmen tersebut sangat penting untuk bersama-sama memajukan kesejahteraan masyarakat ASEAN sebagaimana yang juga tercantum dalam tema sidang umum AIPA ke 32 yang baru saja berlalu yaitu, Role of AIPA in Building a Prosperous ASEAN Community," kata Marzuki saat menyampaian pidato pertamanya selaku Ketua AIPA, di Kamboja, Jumat (23/9).

Berbagai tantangan harus dihadapi bersama demi mewujudkan integritas ASEAN dengan tiga pilarnya yaitu security community, economic community, dan socio-cultural community. "Dalam hal ini AIPA perlu ikut serta mendorong ASEAN dalam memperkuat solidaritas dalam memainkan peran yang lebih besar dalam komunitas global untuk penanganan isu-isu global,” ujar Marzuki.

Dikatakannya, Indonesia mengharapkan keterlibatan seluas-luasnya stakeholders di ASEAN dan hubungan antar-masyarakat sebagai perwujudan ASEAN menjadi people centered-organization dan upaya menciptakan lingkungan yang memberikan benefit bagi masyarakat.

JAKARTA - Ketua terpilih ASEAN Inter Parliamentary Assembly (AIPA), yang juga Ketua DPR, Marzuki Alie mengajak negara-negara yang tergabung dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News