Masuk Masjid, Obama Serukan Perdamaian

Bertemu Pimpinan Agama di Turki

Masuk Masjid, Obama Serukan Perdamaian
Foto: AP
ISTANBUL - Presiden Barack Obama terus melanjutkan diplomasi merangkul dunia muslim. Selain berjanji menarik pasukan dari Iraq, Obama menegaskan akan mendorong terciptanya negara Palestina. Ungkapan terakhir ini ditanggapi antusias di Timur Tengah, kecuali oleh Israel dan Hamas.

Dalam kunjungan hari kedua atau hari terakhir di Turki kemarin, Obama bertemu para tokoh agama. Obama bertemu Mufti Besar Istanbul Profesor Mustafa Cagrici, Archbishop Ortodoks Syiria Yusuf Cetin, Patriach Gereja Armenia untuk Turki Aram Stesyan, serta Kepala Rabi Yahudi Istanbul Isak Yaleva.

Turki merupakan negara muslim dengan penduduk 76 juta jiwa. Sekitar 99 persen penduduknya Islam, dominan Sunni. Namun, sekelompok kecil Kristen dan Yahudi hidup di negara sekuler itu. Situs Yahudi dan Kristen juga terpelihara.

Obama mengunjungi situs Hagia Sophia atau Aya Sofia. Situs ini merupakan katedral yang diubah menjadi masjid oleh Kesultanan Ottoman. Namun, setelah Republik Turki berdiri, Aya Sofya menjadi museum.

ISTANBUL - Presiden Barack Obama terus melanjutkan diplomasi merangkul dunia muslim. Selain berjanji menarik pasukan dari Iraq, Obama menegaskan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News