Matahari Lepaskan Semburan Terkuat Tahun Ini

Matahari Lepaskan Semburan Terkuat Tahun Ini
Matahari Lepaskan Semburan Terkuat Tahun Ini
PASADENA--Matahari melepaskan pancaran terkuatnya pada Minggu lalu. Letusan besar tersebut termasuk kategori X kelas 1,7 dan tertangkap kamera NASA Solar Dynamics Observatory karena memicu frekuensi tinggi dan memadamkan sinyal radio selama satu jam.

Solar flare adalah semburan kuat radiasi yang dapat melepaskan materi berbahaya melalui ruang angkasa menuju Bumi. Untungnya, radiasi ini tidak dapat melewati atmosfer sehingga memiliki dampak pada manusia. Namun, kadang-kadang dapat mengganggu sinyal radio.

Solar flare matahari diklasifikasikan berdasarkan intensitasnya. Flare terlemah dikenal sebagai flare kelas A, diikuti kelas B, C dan M. Sedangkan semburan matahari terkuat diberi label flare kelas X, dan dapat menimbulkan risiko bagi astronot dan satelit di orbit ketika mengarah langsung ke Bumi.

Selain itu, flare ini dapat menimbulkan cahaya di kutub utara yang disebut Aurora Borealis, menciptakan tampilan spektakuler beberapa hari setelah letusan terjadi. Bahkan, flare matahari yang terjadi pada April lalu, memicu badai geomagnetik yang menghasilkan pertunjukan cahaya yang mengesankan.

PASADENA--Matahari melepaskan pancaran terkuatnya pada Minggu lalu. Letusan besar tersebut termasuk kategori X kelas 1,7 dan tertangkap kamera NASA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News