Matangkan Skema Menyerang

Matangkan Skema Menyerang
Para pemain dalam latihan tertutup timnas Prancis di La Reunion, sebuah pulau milik Prancis di Samudera Hindia, kemarin (3/6). Foto: AFP Photo/Franck Fife/FIFA.com.
SAINT PIERRE - Prancis terus berusaha mematangkan skema ofensif 4-3-3.  Formasi itu pula yang akan dipakai ketika Les Bleus - julukan timnas Prancis - menghadapi Tiongkok, dalam laga ujicoba di Stade Michel Volnay, Saint Pierre, dinihari nanti.

Memang, Prancis belum pernah menuai hasil memuaskan dengan skema itu.  Normalnya, tim dengan formasi seperti itu bisa tampil lebih agresif, serta mendulang banyak gol. Tapi, perolehan gol Les Bleus justru seret.  Tim asuhan Raymond Domenech itu hanya menang tipis 2-1 atas Kosta Rika (26/5), kemudian ditahan imbang 1-1 oleh Tunisia (30/5).

Domenech beralasan, hasil kurang maksimal di dua laga ujicoba itu, adalah karena anak buahnya belum terbiasa bermain dengan skema 4-3-3. Melawan Tiongkok nanti pun, dia tidak berani menjanjikan perubahan yang drastis. Dia hanya ingin anak buahnya bisa bermain bagus dan menghindari cedera.

"Senang rasanya melihat penampilan yang lebih ofensif dari anak-anak. Tapi formasi itu mengakibatkan lemahnya pertahanan. Resiko kebobolan lebih tinggi," papar Domenech, sebagaimana dikutip France Football.

SAINT PIERRE - Prancis terus berusaha mematangkan skema ofensif 4-3-3.  Formasi itu pula yang akan dipakai ketika Les Bleus - julukan timnas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News