Mau Tahu Bank yang Paling Dicari untuk KPR?

Mau Tahu Bank yang Paling Dicari untuk KPR?
FOTO: BCA for jpnn.com

jpnn.com - KIAN banyak bank yang punya produk KPR (Kredit Pemilikan Rumah) untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin memiliki hunian pribadi. Menurut hasil laporan Property Sentiment Report H1 2016 dari Rumah123, masyarakat memilih bank berdasarkan bank tempat ia menabung.

“Sebanyak 50 persen masyarakat memilih bank tempat ia menabung,” kata Country General Manager Rumah123.com Ignatius Untung. Alasannya, karena merek bank dianggap baik (24 persen) atau karena rekomendasi (26 persen).

Dari hasil survei, terdapat lima bank paling diminati konsumen untuk pengaajuan KPR, yakni BTN, BRI, Bank Mandiri, BNI, dan BCA. Rincian untuk bank pemerintah, BTN dan Bank Mandiri 28 persen paling banyak direkomendasikan konsumen untuk KPR. Kemudian BNI (24 persen), dan BRI (20 persen).

Sedangkan bank swasta, masyarakat paling banyak merekomendasikan BCA (49 persen), kemudian CIMB Niaga (19 persen), Bank Permata (12 persen), Panin (9 persen), Maybank (6 persen), dan UOB (2 persen). Meski saat ini konsumen masih menyukai KPR (46 persen), cicilan langsung ke pengembang (20 persen) juga mulai dilirik.

Nah, yang menarik, konsumen yang ingin membayar tunai ternyata jumlahnya juga cukup tinggi (27 persen). Menurut Untung, suku bunga bank mempengaruhi seseorang memilih KPR. Terlebih saat BI Rate baru diturunkan 0,25 basis poin menjadi 7,25 persen.

“Selain BI Rate, masyarakat juga mempertimbangkan kondisi makro ekonomi. Bila kondisi turun, masyarakat akan menunda membeli properti. Kemudian, kenaikan BBM dan gejolak politik juga berpengaruh pada pembelian properti,” katanya.

Hal menarik lainnya adalah, 80 persen masyarakat ingin melunasi cicilan sebelum tenor KPR selesai. Sebanyak 47 persen responden merasa hal ini mungkin terjadi, 33 persen sangat mungkin, dan 18 persen netral serta 1 persen menjawab tidak mungkin. (bca/adv)


KIAN banyak bank yang punya produk KPR (Kredit Pemilikan Rumah) untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin memiliki hunian pribadi. Menurut hasil


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News