Senin, 25 September 2017 – 06:01 WIB

Mau Tahu Prestasi Agus Yudhoyono Selama di TNI? Simak di Sini...

Jumat, 23 September 2016 – 06:46 WIB
Mau Tahu Prestasi Agus Yudhoyono Selama di TNI? Simak di Sini... - JPNN.COM

Mayor Agus Harimurti Yudhonono. Foto: Instagram/agusyudhoyono

JAKARTA - Empat partai yang tergabung dalam Koalisi Cikeas akhirnya mengusung Agus Harimurti Yudhoyono sebagai calon gubernur pada Pilkada DKI 2017. Partai Demokrat (PD), PAN, PKB dan PPP sepakat memajukan tentara berpangkat mayor itu di Pilgub DKI meski sebelumnya beredar sejumlah nama untuk diusung.

Agus adalah sosok muda yang kini memimpin Yonif Mekanis 203/Arya Kemuning, Kodam Jaya. Putra sulung Presiden RI Keenam Susilo Bambang Yudhoyono yang lahir di Bandung, 10 Agustus 1978 itu memang punya prestasi mengilap.

Sebagaimana dikutip dari laman Wikipedia, Agus sudah terlihat menonjol sejak di bangku sekolah menengah atas. Begitu lulus dari SMP N 5 Bandung, Agus masuk ke SMA Taruna Nusantara di Magelang pada 1994. Di SMA yang tak jauh dari kompleks Akademi Militer itu, Agus pernah menjadi ketua OSIS dan menjadi lulusan terbaik di angkatannya.

Ia lantas mengikuti jejak ayahnya dan masuk ke Akmil. Pada 1999, Agus sudah dipercaya memimpin Komandan Resimen Korps Taruna Akademi Militer. Ketika lulus pada 2000, Agus mendapat medali Adhi Makayasa karena menjadi lulusan terbaik.

Begitu lepas dari Lembah Tidar, ia meneruskan pendidikan di Sekolah Dasar Kecabangan Infanteri dan lulus terbaik Kursus Combat Intel pada tahun 2001. Selanjutnya ia bergabung ke Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Pada tahun 2002, Agus diberangkatkan ke Aceh sebagai komandan peleton di  Batalyon Infanteri Lintas Udara 305/Tengkorak, Brigif Linud 17 Kostrad. Saat itu pemerintah sedang menggelar Operasi Pemulihan Keamanan.

Ia juga menempa diri dengan menimba ilmu di Singapura. Pada 2005, Agus meraih gelar  master science in strategic studies dari Rajaratnam School of Intenational Studies, Nanyang Technological University, Singapura. Lagi-lagi ia lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Kakak  kandung Edhie Baskoro Yudhoyono itu juga mendapat sesempatan untuk mengikuti seleksi program master di Universitas Hardvard, Amerika Serikat. Pada 2006, ia juga mendapat penugasan di luar negeri ketika tergabung dalam Kontingan Garuda XXIII-A yang dikirim ke Lebanon Selatan untuk menengahi perang 34 hari antara Israel kontra Hezbollah.

SHARES
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini