Mau Tau Prediksi World Bank Soal Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan III? Jawabannya...

Mau Tau Prediksi World Bank Soal Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan III? Jawabannya...
Ilustrasi. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Perlambatan ekonomi Indonesia yang terus terjadi sepanjang tahun ini, berimbas pada pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) yang tidak mampu menembus 5 persen. Tercatat pada triwulan I dan II, pertumbuhan ekonomi stagnan di kisaran 4,7 persen. World Bank pun memproyeksikan triwulan III, pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya naik tipis di level 4,8 persen.

Menurut Ekonom Utama World Bank Ndiame Diop, ekonomi Indonesia mulai tumbuh pada kuartal III ini. Hal tersebut didorong penyerapan anggaran belanja negara yang terus menanjak hingga mencapai 21,4 persen. 

Capaian tersebut lebih tinggi dibanding periode yang sama tahun lalu. "Ekspektasi kami, baseline-nya 4,8 persen. Karena triwulan III, ekonomi mulai naik," katanya di The Energy Building, SCBD, hari ini.

Diop melanjutkan, penyerapan belanja negara yang terus terakselerasi tersebut, dapat menunjang pertumbuhan ekonomi. 

Selain itu, pada September dan Oktober ini, pemerintah merilis serangkaian paket kebijakan ekonomi terkait sejumlah deregulasi untuk kemudahan berusaha, pencegahan PHK sampai peningkatan ekspor.

"Upaya-upaya untuk membantu dunia usaha dan masyarakat, serta reformasi regulasi untuk mengatasi birokrasi guna investasi dan ekspor akan sangat membantu. Begitu juga dengan berbagai upaya reformasi lainnya ini, akan memperkuat iklim investasi dan mendorong pertumbuhan," ujarnya.

Namun, upaya pemerintah tersebut tampaknya tidak bakal maksimal, akibat kondisi perekonomian global yang belum juga membaik. 

Prospek pertumbuhan Tiongkok yang masih lemah, ditambah ketidakpastian terkait normalisasi kebijakan moneter Amerika Serikat (AS), diprediksi bakal memberikan kontribusi negatif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Karena itu, World Bank memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini, hanya berada di level 4,7 persen.

JAKARTA - Perlambatan ekonomi Indonesia yang terus terjadi sepanjang tahun ini, berimbas pada pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) yang tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News