Mbak Putri Ajak Milenial Makin Melek Ekonomi Digital

Mbak Putri Ajak Milenial Makin Melek Ekonomi Digital
Politikus muda PDI Perjuangan Putri Ayu. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Politikus muda PDI Perjuangan Putri Ayu mengharapkan kalangan milenial benar-benar melek terhadap perkembangan teknologi digital. Menurutnya, perkembangan teknologi digital ibarat pisau bermata ganda yang membawa ancaman sekaligus peluang.

Putri mengatakan, teknologi digital merupakan sebuah keniscayaan. Merujuk sebuah riset, jumlah pengguna internet aktif di Indonesia menempati urutan keenam di dunia.

Menurut Putri, ekonomi digital pun terus tumbuh seiring makin meningkatnya pengguna media sosial seperti Twitter, Facebook dan Instagram. “Kini muncul banyak perusahaan rintisan atau start-up dan e-commerce,” ujarnya di Jakarta, Senin (31/12).

Calon anggota legislatif (caleg) DPRD Tangerang Selatan itu menambahkan, saat ini banyak yang memanfaatkan internet untuk memasarkan produk masing-masing. "Untuk melariskan lapak dagangannya, seseorang cukup mengiklankan di media sosial secara gratis atau secara biaya lebih ekonomis," katanya.

Lebih lanjut Putri mengatakan, banyak perusahaan maupun individu yang meraup sukses pada 2018 karena internet. Menurutnya, internet telah membuka peluang lebar bagi milenial untuk merintis usaha agar kelak menjadi pengusaha.

"Pada titik ini seseorang tidak harus bekerja untuk orang lain, tapi menumbuhkan kemandirian ekonomi dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai instrumen penopangnya," tuturnya.

Namun, Putri juga mengakui meningkatnya individualisme di era internet. Bahkan hoaks dan informasi yang simpang siur beredar setiap hari.

Karena itu Putri menegaskan, perkembangan teknologi digital tak semestinya membuat milenial Tanah Air kehilangan jati diri. "Seperti kata Darwin (Charles Robert Darwin pencetus teori evolusi, red) bukan yang kuat yang bisa bertahan, bukan juga yang paling pintar, tapi yang bisa beradaptasi dengan perubahan adalah yang dapat bertahan," ucapnya.(jpg/jpnn)


Politikus muda PDI Perjuangan Putri Ayu mengharapkan kalangan milenial benar-benar melek terhadap perkembangan teknologi digital.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News