Medvedev Setia Mobil Klasik, Rekening Ibu Negara Kosong

Medvedev Setia Mobil Klasik, Rekening Ibu Negara Kosong
Dmitry Medvedev dan istrinya, Sveltana. Foto: AFP/File/Yuri Kadobnov
SEJAK 2008, pemerintah Rusia mewajibkan presiden dan perdana menteri mengumumkan kekayaan mereka sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada publik. Kemarin (11/4) Presiden Dmitry Medvedev dan PM Vladimir Putin melakukan kewajiban tersebut. Ternyata, harta Medvedev jauh lebih sedikit dari mentor politiknya, Putin.

Di balik kehidupannya sebagai presiden yang jelas jauh dari cukup dan cenderung mewah, pendapatan Medvedev ternyata tak lebih banyak dibandingkan para pejabat tinggi lain di Rusia. Harta kekayaan Medvedev pun demikian. Rupanya, mantan pengacara lulusan Leningrad State University itu ingin membuktikan komitmen hidup secara sederhana yang dia deklarasikan sejak menjabat presiden pada 7 Mei 2008. Bahkan, kewajiban tahunan tentang pengumuman kekayaan presiden dan PM adalah idenya.

Dalam pernyataan pada situs resmi Kremlin kemarin, Medvedev melaporkan bahwa pendapatannya selama 2010 mencapai USD 120.653 (sekitar Rp 1,04 miliar). "Saya juga masih memakai mobil saya yang lama," kata tokoh 45 tahun tersebut seperti dilansir kantor berita RIA Novosti.

Yang dimaksud Medvedev adalah mobil klasik Pobeda GAZ M-20 warna putih produksi 1948. Selama setahun terakhir, Medvedev tidak pernah membeli mobil baru. Dia lebih suka menggunakan mobil antiknya tersebut. Bahkan, bersama Presiden Ukraina Viktor Yanukovich, Medvedev sering mengikuti pawai mobil antik.

SEJAK 2008, pemerintah Rusia mewajibkan presiden dan perdana menteri mengumumkan kekayaan mereka sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada publik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News