Meluber di Pantai Sejak Subuh Menanti GMT

Meluber di Pantai Sejak Subuh Menanti GMT
FOTO: natalia/jpnn.com

jpnn.com - BELITUNG - Ribuan wisatawan bersama warga Belitung, Kepulauan Bangka Belitung tak mau menyia-nyiakan fenomena langka gerhana matahari total, Rabu (9/3) pagi. Sejak subuh mereka meluber ke pantai untuk menanti detik-detik terjadinya gerhana matahari total.

Beberapa wisatawan, wartawan dan warga sudah menyiapkan berbagai peralatan untuk melihat gerhana matahari total. Ada yang menyiapkan kamera, kacamatan hingga ponsel. Mereka seperti tak sabar menyambut gerhana matahari total.

Salah satu lokasi terbaik untuk memantau gerhana matahari total di Belitung, yakni Pantau Tanjung Kelayang. Sedangkan di Belitung Timur, wisatawan dan warga meluber di Pantai Serdang dan Pantai Nyiur Melambai.

Sebagian dari mereka membawa anak untuk menyaksikan gerhana matahari total. Di Pantai Serdang, sangat mudah dijangkau warga. Sebab, lokasinya sangat dekat dari Kota Manggar yang merupakan ibukota Kabupaten Belitung Timur. Warga cukup berjalan kaki menuju ke lokasi pemantauan gerhana matahari total.

“Kesininya sama teman. Jalan-jalan Subuh, terus ke pantai lihat gerhana matahari total,” ujar Halimah (25), warga Kota Manggar.

Selain di Belitung, 10 wilayah lainnya juga akan dilintasi gerhana matahari pagi ini. Di wilayah Indonesia barat, tepatnya di Palembang, gerhana matahari total terjadi mulai pukul 06.20 WIB dan mencapai puncaknya pukul 07.21.

Kemudian di wilayah Palangkaraya, gerhana matahari total mulai pukul 06.23 dan mencapai puncaknya 07.30 WIB. Sedangkan wilayah Bengkulu (Muko-Muko), gerhana matahari total akan mencapai puncaknya pukul 07.19 WIB.

Sementara di wilayah Tengah Indonesia seperti Palu, gerhana matahari total mulai pukul 07.27 WITA dan mencapai puncaknya pukul 08.38 WITA. Selanjutnya, gerhana matahari total mulai pukul 08.36 WIT dan mencapai puncaknya 09.52 WIT. (one/ps)


BELITUNG - Ribuan wisatawan bersama warga Belitung, Kepulauan Bangka Belitung tak mau menyia-nyiakan fenomena langka gerhana matahari total, Rabu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News