JPNN.com

Membanggakan! Satgas TNI Kembali Mengukir Prestasi Saat Momen HUT RI, 32 Milisi Takluk

Rabu, 19 Agustus 2020 – 02:00 WIB
Membanggakan! Satgas TNI Kembali Mengukir Prestasi Saat Momen HUT RI, 32 Milisi Takluk - JPNN.com
Wakil Komandan Satgas Mayor Inf Hadrianus Yossy SB menerima milisi yang menyerahkan diri beserta senjata di hutan dekat desa Lukengwe, Provinsi Tanganyika, Republik Demokratik Kongo. Foto: Puspen TNI

jpnn.com, KONGO - Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXXIX-B Rapid Deployable Battalion (RDB) Mission de IOrganisation des Nations Unies pour La Stabilisation en République Démocratique du Congo (MONUSCO) kembali mengukir prestasi di benua Afrika yakni mampu menaklukkan dan membujuk 32 orang milisi dari kelompok Aigle Alleluya pimpinan Mr. Kalinde Takataka Rodantien untuk kembali ke masyarakat.

Penyerahan milisi beserta alat perangnya berupa 20 pucuk AK-47 beserta magazennya, 8 busur dan 15 buah anak panah dipimpin Wakil Komandan Satgas Mayor Inf Hadrianus Yossy SB, mewakili Komandan Satgas Kolonel Inf Daniel Lumbanraja. Acara tersebut berlangsung di hutan dekat desa Lukengwe (32 km Kalemie Utara dari COB) Provinsi Tanganyika, Republik Demokratik Kongo, beberapa waktu yang lalu.

Keberhasilan tersebut bermula dari pelaksanaan kegiatan Civil Military Coordination (CIMIC) terpadu seperti pembuatan sarana olahraga lapangan sepak bola beserta alat penunjang lainnya yang diprakarsai oleh Kompi A. Selain itu, perbaikan jembatan oleh Kompi B, dan pembuatan toilet umum oleh Kompi C serta kegiatan lainnya di Desa Lukombwe.

Pada saat pelaksanaan kegiatan CIMIC melalui Kepala Desa Luhaka yang hadir pada kegiatan tersebut, telah memberikan informasi kepada Indo RDB bahwa ada kelompok milisi yang akan menyerahkan diri di sekitar Desa Lukengwe dan Desa Bakari.

Dari informasi tersebut dengan cepat ditindaklanjuti untuk dilaporkan ke Markas Indo RDB melalui Kasi Intel Kapten Inf M. Assegaf.

Selanjutnya, dari adanya laporan tersebut, Komandan Satgas memerintahkan pasukannya untuk melaksanakan Long Range Patrol (LRP) dengan menurunkan dua tim. Tim pertama dipimpin Kapten Inf M. Choriq. Tim kedua dipimpin Kapten Inf Ihsan Hanafi sebagai pencari data dan memastikan kebenaran informasi yang diterima.

Kerja keras dari tim LRP akhirnya dapat benar-benar meyakinkan kelompok milisi untuk bersedia menyerahkan diri kepada Indo RDB Monusco dalam waktu dan tempat yang sudah ditentukan.

Keberhasilan ini merupakan persembahan anak negeri dalam rangka bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia dari para pasukan Garuda di Kongo.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...