Menag Janji Tak Telantarkan Jemaah Haji

Menag Janji Tak Telantarkan Jemaah Haji
Menag Janji Tak Telantarkan Jemaah Haji
JAKARTA - Menteri Agama Suryadharma Ali menjamin jemaah haji Indonesia tidak akan terlantar selama berada di Tanah Suci. Pasalnya, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah pondokan cadangan jika terjadi sesuatu di sana. "Kami menjamin tidak akan ada jemaah haji yang terlantar selama berada di tanah suci. Karena pemerintah sudah menyiapkan pondokan cadangan, berkapasitas 19 ribu jemaah," kata Suryadharma Ali usai melepas Kloter I DKI Jakarta, di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Jumat (23/10).

Sebelumnya, masalah pemondokan memang sempat menghantui para jemaah haji Indonesia. Apalagi, pemerintah Arab Saudi secara sepihak telah mengeluarkan aturan yang mengharuskan pemondokan yang memiliki lebih dari empat lantai agar dilengkapi dengan tangga darurat. Jika tidak memenuhi persyaratan tersebut, maka 30 persen penghuninya harus keluar dari pemondokan tersebut.

Mengenai hal ini, Suryadharma menyatakan tidak ada masalah serius. Apalagi, peraturan itu baru keluar setelah Indonesia sudah terlanjur menyewa pemondokan. " Kami meminta pihak pemerintah Arab Saudi memberlakukan peraturan itu tahun depan saja," ujar politisi asal PPP ini. Suryadharma mengaku, setiap penyelenggaraan haji selalu mengalami masalah yang berbeda-beda. "Karena itu, saya meminta para petugas Haji untuk segera tanggap terhadap setiap persoalan yang timbul," ujarnya.

Untuk menghadapi masalah tersebut, Suryadharma mengaku akan memantau langsung pelaksanaan Haji tahun ini."Pada saatnya nanti, kami akan pantau langsung semua proses pelaksanaan haji. Mulai dari transportasi, akomodasi maupun konsumsi," katanya menegaskan.(aj)

JAKARTA - Menteri Agama Suryadharma Ali menjamin jemaah haji Indonesia tidak akan terlantar selama berada di Tanah Suci. Pasalnya, pihaknya sudah


Redaktur & Reporter : Auri Jaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News