Ical Titipi Menkes Baru soal HIV/AIDS

Ical Titipi Menkes Baru soal HIV/AIDS
Ical Titipi Menkes Baru soal HIV/AIDS
JAKARTA - Oleh mantan Menko Kesra Aburizal Bakrie, Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih dititipi satu persoalan 'tambahan'. Ia diminta memperhatikan betul masalah terbesar bagi penderita TBC (tuberculosa) dan HIV/AIDS. Dalam hal ini kata Aburizal, bukan penyakit dan pengobatannya yang paling menjadi persoalan, tetapi stigma masyarakat terhadap penderita - terutama bagi penderita HIV/AIDS.

"Saya titip kepada Menteri Kesehatan yang baru, masalah terbesar penderita TBC dan HIV/AIDS," kata Aburizal Bakrie, sesaat sebelum menyerahkan jabatan kepada penggantinya, Agung Laksono, Kamis (22/10).

Menurut Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) yang kerap disapa Ical ini, sekalipun obat sudah disediakan gratis oleh pemerintah, tapi banyak penderita masih enggan mengambil obat tersebut karena takut ketahuan masyarakat yang akibatnya bisa dikucilkan. Ical sendiri juga pernah menyebut bahwa sampai Maret 2009, terdapat sekitar 23.632 orang di tanah air yang sudah terinfeksi virus tersebut.

Dikatakan Ical saat itu, sekitar 16.964 orang di antaranya memerlukan pengobatan secara medis. Namun, ia juga menduga masih banyak penderita yang belum mau melaporkan dirinya terkena penyakit ini, karena takut bakal mendapatkan perlakuan jelek (stigma negatif) dari masyarakat di sekitarnya. (viv/JPNN)
Berita Selanjutnya:
Enggan Tanggapi Tudingan DPR

JAKARTA - Oleh mantan Menko Kesra Aburizal Bakrie, Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih dititipi satu persoalan 'tambahan'. Ia diminta


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News