Menaker Ida Fauziyah Dorong Pekerja Migran Tingkatkan Kompetensi Lewat Pelatihan Vokasi

Menaker Ida Fauziyah Dorong Pekerja Migran Tingkatkan Kompetensi Lewat Pelatihan Vokasi
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat menyampaikan sambutan pada acara Sosialisasi Pelatihan Vokasi dan Produktivitas di Hong Kong, Minggu (30/7). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, HONG KONG - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mendorong pekerja migran Indonesia (PMI) yang sedang bekerja di luar negeri agar meningkatkan kompetensinya.

Caranya dengan memanfaatkan pelatihan vokasi yang diselenggarakan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Menaker Ida menyampaikan dalam menyelenggarakan pelatihan, Kemnaker bekerja sama dengan perwakilan, baik kedutaan besar maupun konsul jenderal.

"Kami telah melakukan kolaborasi dengan perwakilan dalam penyelenggaraan pelatihan vokasi, baik yang berdurasi singkat bagi teman-teman PMI yang hanya memiliki waktu di akhir minggu maupun jangka panjang bagi PMI yang berada di shelter," kata Menaker Ida Fauziyah di acara Sosialisasi Pelatihan Vokasi dan Produktivitas di Hong Kong, Minggu (30/7).

Kemnaker juga menyediakan pelatihan secara online melalui platform SIAPKerja yang dapat diakses dari mana pun dan kapan pun.

"Semua ini bertujuan meningkatkan kompetensi dan membekali teman-teman PMI, baik dalam meningkatkan produktivitasnya dalam bekerja di luar negeri maupun dalam menyiapkan diri sebelum kembali ke tanah air," tegasnya.

Selain kepada PMI yang sedang bekerja di luar negeri, Kemnaker melalui Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas maupun Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas juga menyelenggarakan pelatihan bagi calon maupun purna PMI.

Menaker Ida mengatakan semua pelatihan yang diselenggarakan Kemnaker merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam melindungi kepentingan PMI demi mewujudkan terjaminnya pemenuhan haknya. (mrk/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Menaker Ida Fauziyah mendorong pekerja migran memanfaatkan pelatihan vokasi yang diselenggarakan Kemnaker untuk meningkatkan kompetensinya


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News