Sabtu, 18 November 2017 – 19:00 WIB

Mencicipi Sayur Asem Betawi Legendaris di Pinggiran Jakarta

Rabu, 23 Agustus 2017 – 07:36 WIB
Mencicipi Sayur Asem Betawi Legendaris di Pinggiran Jakarta - JPNN.COM

jpnn.com - Kelezatan sayur asem Betawi tidak perlu diragukan lagi. Namun uniknya, salah satu tempat tempat legendaris yang menyajikan makanan ini justru ada di luar wilayah Jakarta.

Mampir ke Rumah Makan Sayur Asem Betawi H. Masa, Pondok Aren, Tangerang dalam acara Santap Mantap Day, Selasa (22/8) tentu menjadi hal paling ditunggu. Usaha rumah makan sayur asem itu sangat dikenal dan termasuk salah satu kuliner legendaris karena telah berdiri sejak tahun 1980.

“Membangun usaha kuliner tidak mudah, dibutuhkan kegigihan seperti yang dimiliki oleh bapak saya, H. Masa, sehingga rumah makan bisa sesukses sekarang," cerita Mpok Yuli, salah satu penerus usaha RM Sayur Asem Betawi H. Masa generasi kedua di Jakarta , Selasa (22/8).

Yuli mengingat kesabaran orang tuanya mencoba berbagai metode masak dan meracik bahan-bahan untuk menemukan resep sayur asem Betawi yang orisinil dan ikonik.

Orang tuanya juga selalu memastikan hanya menggunakan bahan-bahan yang berkualitas terbaik, termasuk bahan-bahan yang tergolong sudah langka.

Tidak hanya itu, Yuli juga memaparkan nilai luhur jiwa Indonesia lain yang dijunjung tinggi oleh sang bapak sejak merintis usahanya.

Ktika mengolah masakan, mereka juga melakukannya secara gotong royong, bekerja sama memerhatikan tingkat kematangan sayuran untuk menjaga tekstur sayuran tetap renyah dan tidak terlalu matang. Mereka secara bergantian mengolah bahan masakan menggunakan peralatan masak tradisional.

"Bapak juga mengajari kami untuk tetap rendah hati, jadi ketika ada kelebihan makanan, kami pasti akan berbagi dengan tetangga dan saudara sekitar," ungkap Yuli.

Sumber : Jawapos.com
SHARES
loading...
loading...
Komentar