Mendagri Anggap Kongres AS Tak Paham Otsus Papua

Mendagri Anggap Kongres AS Tak Paham Otsus Papua
Mendagri Anggap Kongres AS Tak Paham Otsus Papua
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan, pihak yang paling tahu soal Papua adalah orang Indonesia sendiri. Karenanya, Mendagri menganggap pernyataan anggota Kongres AS, Eni Faleomavaega agar Otonomi Khusus (Otsus) Papua ditingkatkan, bukan sikap resmi pemerintah AS.

"Yang paling tahu (soal Otsus Papua) kita, karena kita yang evaluasi. Indonesia tentunya yang tahu. Sekarang evaluasi sedang berlangsung. Pada umumnya sudah selesai," ujar Mendagri di kantornya, Senin (27/9).

Ditanya bahwa Kongres AS menilai Otsus masih kurang, Mendagri justru bertanya balik. "Ukurannya dari sisi apa kalau kurang? Dari sisi apa yang belum optimal dari Otsus itu? Kan dari sisi aturan MRP sudah terbentuk, bagi hasil juga sudah ada," ucap Mendagri.

Karena itu Mendagri menilai pendapat Eni Faleomavaega bersifat pribadi dan bukan sikap institusi Kongres apalagi pemerintah AS. "Itu pendapat satu orang saja. Tidak semua di kongres yang mengatakan itu. Kita yang lebih tahu. Karena kita yang alami tiap hari," sambungnya.

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (mendagri) Gamawan Fauzi menyatakan, pihak yang paling tahu soal Papua adalah orang Indonesia sendiri. Karenanya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News