Mendagri Rancang 246 Pilkada Serentak

Mendagri Rancang 246 Pilkada Serentak
Mendagri Rancang 246 Pilkada Serentak
JAKARTA - Tahun depan, ada 246 pemda yang melangsungkan pemilihan kepala daerah (pilkada). Saat ini, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi sedang merancang bagaimana caranya agar pilkada 246 daerah bisa dilaksanakan serentak. Tujuannya untuk menghemat biaya dan mempermudah koordinasi antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pemerintah pusat sebagai fasilitator.

   

"Misinya agar semua pilkada berlangsung secara baik dan lancar. Besok (hari ini) kami akan menggelar rapat dengan KPU untuk mematangkan rencana itu," ujar Gamawan di Jakarta, Minggu (8/11).

     

Mantan Gubernur Sumatera Barat itu mengatakan, dalam pelaksanaan pilkada ada yang mesti diselaraskan atau disinkronkan. Seperti istilah mencoblos pada UU No 32/2004 tentang Pemda dan istilah mencontreng dalam UU Pemilu. "Ini yang perlu disamakan agar tidak ada kerancuan," kata dia.

     

Dalam rancangan pelaksanaan pilkada serentak di 246 daerah, Depdagri hanya bertindak sebagai fasilitator. Pelaksanaan pilkada langsung ditangani KPU propinsi dan kabupaten/kota. Saat ini, kata dia, Depdagri telah membentuk tim untuk membahas gagasan penggabungan ini. "Koordinasi dengan para pakar terus dilakukan untuk menyusun desain yang proporsional," ujar dia.

     

JAKARTA - Tahun depan, ada 246 pemda yang melangsungkan pemilihan kepala daerah (pilkada). Saat ini, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News