Mendagri Sudah Teken 44 SK Pemenang Pilkada

Mendagri Sudah Teken 44 SK Pemenang Pilkada
Mendagri Sudah Teken 44 SK Pemenang Pilkada
JAKARTA -- Tahun ini digelar 244 pemilukada. Rinciannya, tujuh pemilukada gubernur-wakil gubernur, 202 pemilukada bupati-wakil bupati, dan 35 walikota-wakil walikota. Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Saut Situmorang menjelaskan, dari jumlah itu, hingga 23 Juli 2010, daerah yang sudah menggelar pemilukada ada 151 daerah. Rinciannya, enam pemilukada gubernur-wakil gubernur, 122 bupati-wakil bupati, dan 23 walikota-wakil walikota.

Dari jumlah daerah yang sudah selesai menggelar pemilukada itu, lanjut Saut, yang sudah mengusulkan pengesahan pengangkatan kepala daerah-wakil kepala daerah terpilih sebanyak empat untuk gubernur-wakil gubernur, 54 bupati-wakil bupati, dan 12 walikota-wakil walikota.

Surat Keputusan (SK) pengesahan pengangkatan kepala daerah-wakil kepala daerah terpilih yang sudah diteken Mendagri Gamawan Fauzi jumlahnya mencapai 44 SK. Rinciannya, satu SK untuk gubernur-wakil gubernur yakni Kalimantan Selatan yang berbentuk Surat Keputusan Presiden (Kepres), 36 bupati-wakil bupati, dan tujuh walikota-wakil walikota. "Yang lain masih dalam proses. Jumlah 44 itu belum termasuk yang ditandatangani di Hotel Bidakara, kemarin (22/7)," terang Saut di kantornya, Jumat (23/7).

Di pasal 109, yakni ayat (2) UU Nomor 32 Tahun 2004 dinyatakan, 'Pengesahan pengangkatan pasangan calon bupati dan wakil bupati atau walikota dan wakil walikota terpilih dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden selambat-lambatnya dalam waktu 30 (tiga puluh) hari.

JAKARTA -- Tahun ini digelar 244 pemilukada. Rinciannya, tujuh pemilukada gubernur-wakil gubernur, 202 pemilukada bupati-wakil bupati, dan 35 walikota-wakil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News