Mendagri Usul PT Empat Persen

Mendagri Usul PT Empat Persen
Mendagri Usul PT Empat Persen
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi mengusulkan agar parliamentary threshold (PT) atau ambang batas perolehan kursi partai politik di DPR secara nasional, dinaikan dari 2,5 persen menjadi 4 persen. Usulan tersebut menurut Gamawan, bertujuan untuk membangun dan mengembangkan kehidupan politik di Indonesia.

"Pemerintah menawarkan parliamentary threshold menjadi 4 persen secara nasional dengan tujuan untuk membangun dan mengembangkan kehidupan politik dengan berusaha menciptakan kompatibilitas antara sistem kepartaian dengan pemerintah presidensil dalam rangka check and balances," kata Gamawan Fauzi dalam rapat kerja dengan Pansus RUU Pemilu di gedung DPR, Senayan Jakarta, Rabu (26/10).

Namun demikian lanjut Gamawan, pemerintah berpendapat tidak tertutup kemungkinan dilakukan pembahasan secara lebih mendalam agar usulan tersebut bisa lebih dipahami.

Selain itu, pemerintah juga mengusulkan agar sistem Pemilu legislatif 2014 mendatang adalah dengan menggunakan sistem suara terbanyak.

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi mengusulkan agar parliamentary threshold (PT) atau ambang batas perolehan kursi partai politik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News