Menhan Bahas Atasi Perompak Somalia

Pembebasan Kapal Gemini Tunggu Singapura

Menhan Bahas Atasi Perompak Somalia
Menhan Bahas Atasi Perompak Somalia
JAKARTA - Masalah perompak di perairan Somalia juga menjadi perhatian para menteri pertahanan se-ASEAN yang baru saja mengadakan pertemuan di Jakarta. Saat ini tengah dirumuskan solusi yang tepat untuk keamanan setiap kapal yang melintas di perairan tersebut.

"Kita sedang pikirkan bagaimana caranya (mengantisipasi aksi perompak)," kata Menhan Purnomo Yusgiantoro. Menurut dia, ada beberapa bentuk pengamanan yang bisa diberikan terhadap kapal-kapal dari gangguan para perompak.

" Misalnya dengan mengirimkan kapal khusus untuk bertugas di perairan rawan gangguan perompak. "Atau bisa bentuknya di kapal itu sendiri ditempatkan petugas keamanan," tutur Purnomo.

Dia menyebutkan memang sudah ada satuan tugas yang memberikan pengamanan di wilayah perairan Somalia. Yakni Combined Task Force (CTF) 151, yang merupakan beranggotakan pasukan dari Amerikan dan negara-negara NATO. "Tapi kan kita harus lihat juga efektivitasnya," katanya.

JAKARTA - Masalah perompak di perairan Somalia juga menjadi perhatian para menteri pertahanan se-ASEAN yang baru saja mengadakan pertemuan di Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News