Menhub Minta 2 BUMN ini Bangun Rumah Kita

Menhub Minta 2 BUMN ini Bangun Rumah Kita
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menugaskan dua perusahaan BUMN membangun 'rumah kita', khususnya di daerah timur Indonesia. Dua BUMN itu yakni PT ASDP dan PT Pelni

Cara tersebut menurut Budi bisa lebih meningkatkan ekonomi daerah dan menghasilkan devisa bagi Negara.

“Saya sudah menugaskan kepada PT Pelni dan PT ASDP untuk membuat rumah kita yang mengumpulkan barang-barang itu supaya dari Saumlaki atau Tual bisa langsung ke Darwin nanti penerbangannya kami subsidi juga dari Maluku Utara kami subsidi untuk ke Palau atau ke Davao,” ujar Budi.

Saat ini kata Budi telah terdapat total 13 rute lintasan tol laut, 6 rute dilayani PT Pelni, 6 rute dilayani oleh perusahaan swasta, dan sisanya satu rute masih dalam proses lelang untuk diserahkan kepada perusahaan swasta.

Beberapa daerah yang akan dibangun rumah kita di antaranya Nias dan Mentawai oleh PT Pelindo I, Natuna dan Tahuna oleh PT Pelindo II.

Kemudian Dompu, Waingapu, Rote, dan Kalabahi oleh PT Pelindo III, Nabire, Tobelo, Sebatik, Tidore, dan Sangatta/Lhoktuan oleh PT Pelindo IV.

Sedangkan Morotai, Saumlaki, Manokwari, dan Timika oleh PT Pelni, Merauke, dan Namlea oleh PT ASDP Indonesia Ferry.(chi/jpnn)


Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menugaskan dua perusahaan BUMN membangun 'rumah kita', khususnya di daerah timur Indonesia. Dua BUMN


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News