Meningkatkan Kemampuan Literasi & Numerasi Siswa, Pemkot Makassar Gandeng Zenius

Meningkatkan Kemampuan Literasi & Numerasi Siswa, Pemkot Makassar Gandeng Zenius
Pemkot Makassar menggandeng Zenius untuk memberikan tryout bagi siswa SD dan SMP menjelang ANBK 2023. Foto: dok. Zenius

jpnn.com - JAKARTA - Hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021 menunjukkan kemampuan literasi dan numerasi siswa SD-SMP di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, masih berada di bawah kompetensi minimum. Ini sama dengan rata-rata hasil capaian siswa nasional.

Meski demikian, hasil tersebut masih di bawah rata-rata ibu kota provinsi yang ada di pulau Jawa, seperti Yogyakarta, Surabaya, Semarang, atau Bandung.

Dari hasil tersebut, Dinas Pendidikan Kota Makassar menggandeng Zenius dan New Primagama melakukan tryout AKM untuk siswa SD kelas 4 dan SMP kelas 7, guna persiapan menghadapi ANBK 2023.

Kepala Dinas Kota Makassar Pendidikan H. Muhyiddin mengatakan tryout AKM ini merupakan awal dari rangkaian komitmen pemkot dan Zenius untuk meningkatkan kualitas siswa di daerah tersebut.

Tryout yang diselenggarakan pada 9 dan 10 Maret ini diikuti oleh lebih dari 4.500 siswa di lebih dari 260 sekolah SD dan SMP yang ada di Kota Makassar. Penyelenggaraan tryout tersebut dilaksanakan secara online melalui platform Zenius. Seluruh soal yang diujikan telah disesuaikan dengan standar soal dari Pusmenjar.

“Tryout AKM yang diselenggarakan bersama Zenius akan menjadi tolok ukur awal untuk melihat kemampuan siswa di daerah kami," kata Muhyiddin dalam keterangannya dikutip pada Kamis (11/5).

Lebih lanjut dikatakan kerja sama antara Dinas Pendidikan Makassar dan Zenius ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pengembangan kapasitas guru, siswa, dan pembelajaran berbasis teknologi melalui penggunaan platform Zenius.

Founder Zenius Sabda PS berharap kerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Makassar bisa terus berlanjut agar bisa memberikan dampak lebih besar terhadap para siswa dan satuan pengajar di daerah tersebut.

Hasil ANBK 2021 menunjukkan kemampuan literasi dan numerasi siswa SD dan SMP di bawah kompetensi minimum, Pemkot Makassar gandeng Zenius

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News