Menkeu: Hati-hati Susun APBD

Menkeu: Hati-hati Susun APBD
Menkeu: Hati-hati Susun APBD
JAKARTA- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, meminta Pemerintah Daerah bersama dengan DPRD agar lebih berhati-hati saat merancang dan menyusun APBD setiap tahunnya. Sebab bila melakukan perhitungan dengan dasar yang tidak tepat akan membuat perbedaan mendasar dalam hal anggaran dan kekuatan fiskal tiap daerah.

Sri Mulyani mengatakan dalam menyusun APBN dan APBD harus mengacu pada penerapan anggarannya berbasis kerangka pengeluaran jangka menengah dalam APBN 2011. Artinya, selama perjalanan penyusunan anggaran, setiap Pemda diminta untuk mengantisipasi hal-hal sedini mungkin terhadap berbagai perubahan yang bisa mempengaruhi asumsi anggaran.

"Pada April ini,hampir seluruh dunia akan lakukan kajian. Semua memang menunjukkan pemulihan ekonomi sedang terjadi. Namun kita tetap melakukan revisi pertumbuhan 5,5 persen menjadi 5,8 persen.Revisi ini kita harus hati-hati. Karena.ekspor dan impor juga akan melakukan peningkatan," kata Sri Mulyani saat Musrenbangnas 2010, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (28/4).

Penyusunan anggaran secara lebih hati-hati, dikatakan Sri Mulyani, khususnya bagi daerah-daerah penghasil minyak. Biasanya, saat menyusun harga minyak, daerah penghasil migas tidak memperhatikan prediksi dan fluktuatif pergerakan harga minyak dunia.

JAKARTA- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, meminta Pemerintah Daerah bersama dengan DPRD agar lebih berhati-hati saat merancang dan menyusun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News