Menko PMK Punya Target Pengentasan Stunting untuk Sidoarjo

Menko PMK Punya Target Pengentasan Stunting untuk Sidoarjo
Menko PMK Muhadjir Effendy berharap Kabupaten Sidoarjo dapat mencapai target nasional yaitu nol persen kemiskinan ekstrem dan 14 persen prevalensi stunting. Foto: dok Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menko PMK Muhadjir Effendy berharap Kabupaten Sidoarjo dapat mencapai target nasional yaitu nol persen kemiskinan ekstrem dan 14 persen prevalensi stunting pada 2024. 

Hal itu disampaikan Muhadjir saat mengunjungi Kelurahan Sidoklumpuk, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada Minggu, (21/5).

“Alhamdulillah, tadi saya dengar laporan Pak Sekda dan lihat proses penimbangan & pengukuran tinggi badan balita dengan antropometrinya oleh bidan sudah baik,” ungkap Menko PMK

Berdasarkan data prevelensi stunting menurut Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022 Kabupaten Sidoarjo sebesar 16,1 persen atau meningkat 1,3 persen dibanding 2021. 

Menko Muhadjir pun meminta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo menambah Antropometri dan USG di Puskesmas dan Posyandu yang ada di Kabupaten Sidoarjo. 

"Agar pemeriksaan kesehatan balita dan ibu hamil dapat secara maksimal dilakukan oleh semua puskesmas dan posyandu di Kabupaten Sidoarjo," katanya.

Pemerintah Daerah, kata Muhadjir, cukup mengajukan ke Pemerintah Pusat melalui Kemenkes untuk pengadaan kedua alat tersebut. 

Menurutnya, jika sudah ada dalam alokasi DAK dan APBD untuk USG & Antropometri harus dialokasikan untuk pengadaan makanan sehat tidak hanya bagi bayi stunting namun juga untuk yang tidak stunting. 

Menko PMK Muhadjir Effendy berharap Kabupaten Sidoarjo dapat mencapai target nasional yaitu nol persen kemiskinan ekstrem dan 14 persen prevalensi stunting

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News