Menpan Akan Rampingkan Organisasi Pemerintahan

Menpan Akan Rampingkan Organisasi Pemerintahan
Menpan Akan Rampingkan Organisasi Pemerintahan
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), EE Mangindaan, menegaskan bahwa mulai tahun ini tidak ada penambahan dan pengembangan organisasi lagi. Pasalnya, struktur organisasi di pusat dan daerah dinilai terlalu gemuk, sehingga perlu dilakukan restrukturisasi organisasi.

"Seiring dengan reformasi birokrasi, struktur organisasi di pusat maupun daerah harus ditinjau lagi. Selama ini strukturnya terlalu gemuk sehingga kurang efisien," kata Mangindaan dalam konpres di Kantor Kementerian PAN&RB, Kamis (18/3).

Restrukturisasi organisasi, lanjutnya, harus jelas fungsi organisasinya dan sesuai dengan karakteristik daerahnya. Dia mencontohkan dua daerah di Sulawesi Utara, yaitu Manado dan Bolaan Mongondow. Menurutnya, karena Manado kota jasa maka tidak layak lagi punya Dinas Pertanian. Sementara Bolmong lebih pantas meiliki Dinas Pertanian karena memang merupakan daerah pertanian.

"Kalau di Manado ada Dinas Pertaniannya itu lucu. Cocoknya Dinas Pariwisata. Jika masih tetap ada, dinas tersebut harus dihapus," kata Mangindaan.

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), EE Mangindaan, menegaskan bahwa mulai tahun ini tidak ada penambahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News