Menpar: Hong Kong Itu Ibarat Kolam yang Ikannya Banyak

Menpar: Hong Kong Itu Ibarat Kolam yang Ikannya Banyak
Menpar Arief Yahya. Foto: pojoksatu

jpnn.com - JAKARTA - Apa sih yang membuat Menpar Arief Yahya selalu bersemangat begitu membucarakan Hong Kong? Kota yang penuh gedung pencakar langit itu menyimpan amunisi yang kuat untuk pariwisata. 

”Hong Kong itu kota yang lengkap. Ya sebagai financial service, kota investasi, kota hub (connector), kota pariwisata, kota perdagangan, dan lainnya," ungkap Menpar Arief Yahya. 

Lalu apa yang membuatnya penting buat pariwisata Indonesia?  “Hong Kong itu sangat strategis bagi Wonderful Indonesia. Pertama, ada 60,8 juta wisatawan dalam setahun di Hong Kong, 60 persen-nya berasal dari China Mainland. Mereka sudah berkumpul di Hong Kong, dan mereka yang berwisata ke Hong Kong itu adalah mereka yang level ekonominya tinggi," kata Arief Yahya. 

Kedua, Hong Kong menjadi kota hub, yang dekat dengan Macau, yang juga didatangi 35 juta wisatawan dan sama, terbesar dari China daratan. Kalau mau menjaring di kolam yang banyak ikannya? 

"Ya di Hong Kong ini salah satunya, selain Singapura dan Dubai,” kata Mantan Dirut Telkom yang pernah membawa BUMN Telekomunikasi itu labanya dobel dalam 2 tahun itu. 

Kedua, lanjut Menpar, terus mencari lebih banyak direct flight Hongkong-Jakarta, Hong Kong-Denpasar, dan semua yang memungkinkan lebih banyak penerbangan dari Kota Sejuta Penantang Langit Biru itu. 

“Kita itu baru 37 persen direct flight menuju Indonesia dari berbagai originasi. Sisanya, 63 persen masih transit, bisa dari Singapura, KL, Hong Kong. Aksesibilitas kita masih terendah, dibandingkan dengan Thailand dan Malaysia yang rata-rata 80 persen direct flight. Ini persoalan teknis yang sedang kami kejar di Hongkong,” jelas Arief Yahya yang panen penghargaan dari media-media nasional itu. 

Ketiga, Menpar terus menggelorakan Jalur Samudera Laksamana Cheng Ho, yang sudah diluncurkan 13 Desember lalu di Aceh. Sedikitnya 10 kota yang disinggahi Admiral beragama Islam dan dikenal dengan nama Haji Mahmud Shams atau dalam istilah Tiongkok Ma Sanbao itu. 

JAKARTA - Apa sih yang membuat Menpar Arief Yahya selalu bersemangat begitu membucarakan Hong Kong? Kota yang penuh gedung pencakar langit itu menyimpan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News