Menpar Perkenalkan Rumus 3V dan 3P, Ini Penjelasannya

Menpar Perkenalkan Rumus 3V dan 3P, Ini Penjelasannya
Arief Yahya. Foto: JPNN

jpnn.com, BADUNG - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengenalkan rumus baru untuk mendongkrak turisme. Namanya 3V yang terdiri dari volume, velocity dan variety.

Arief memaparkan rumus itu saat membuka Workshop Nasional Pemanfaatan Mobile Positioning Data untuk Mendukung Statistik Pariwisata di Nusa Dua, Bali, Kamis (23/3). Mantan Dirut Telkom itu mengatakan, mobile positioning data (MPD) pada era digital saat ini merupakan metode yang sangat tepat dan bisa membantu proses pengumpulan data kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) secara real time dengan ketepatan yang presisif dan dan cakupan yang lebih luas.

”Kita biasa sebut dengan 3 V, yakni volume, velocity atau kecepatan dan variety atau jenis. Kalau kita sudah mengedepankan digital, terus kita tidak menggunakan MPD, maka nantinya disconnect,” ujarnya.

Pria asal Banyuwangi, Jawa Timur itu menambahkan, big data atau MPD memiliki banyak manfaat. “Karena di era sekarang adalah sebuah keniscayaan kita tidak menggunakan digital,” ujarnya.

Lebih lanjut Arief mengatakan, MPD juga membantu Indonesia dalam menjawab tantangan sebagai negara kepulauan. Karenanya, Kemenpar sejak 2015 sudah menyusun big data.

“Karena siapa yang menguasai informasi, pasti yang memenango persaingan,” ujar mantan Direktur Telkom itu.

Arief juga menjelaskan tentang proses pengolahan data untuk tiga aspek yang disebut dengan 3P, yakni performance, promotion, dan projection. ”MPD itu digunakan untuk mengukur performance, sementara big data digunakan untuk promotion dan projection,” tuturnya.

Performance, sambung Arief, memikiki koleksi data yang tentunya akan menimbulkan dampak ke promosi dan projection yang efektif. “Karena kita bisa tahu lebih detail, kemana saja wisman, beli oleh-oleh di mana saja, kuliner di mana saja, kita bisa berpromosi ke yang suka diving, yang suka alam, yang suka budaya dan sebagainya,” ulasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengenalkan rumus baru untuk mendongkrak turisme. Namanya 3V yang terdiri dari volume, velocity dan variety.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News