Menperin Ajak Anak Muda Rebut Kemajuan Ekonomi

Menperin Ajak Anak Muda Rebut Kemajuan Ekonomi
Menperin Airlangga Hartarto dalam acara Rebut 2024 yang digelar Asumsi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartato mengajak anak muda masuk ke dalam ruang digitalisasi ekonomi untuk merebut kemajuan Indonesia di masa depan. Sebab, Di situ ada peluang baru ekonomi sebesar 150 dolar hingga tahun 2025.

Menperin mengungkap, tanda-tanda peluang digitalisasi ekonomi sudah jelas, di mana Indonesia memiliki empat unicorn. Namun hal itu dirasa kurang, sehingga pemerintah diharap menyiapkan kesempatan sebaik mungkin.

"Karena itulah Presiden Jokowi memberikan prioritas untuk SDM, dan ini sudah diprioritaskan dalam anggaran 2019 nanti," kata Airlangga dalam acara Rebut 2024 yang digelar Asumsi di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Menurut Airlangga,  jumlah generasi milineal di Indonesia sangat banyak mencapai 40 persen dari jumlah penduduk secara keseluruhan. Ini berarti merupakan potensi besar untuk membawa bangsa ke arah digitalisasi ekonomi.

Dalam menghadapi era revolusi digit 4.0, kata Menperin, peluang terciptanya lapangan kerja baru sampai dengan tahun 2030 itu mencapai 17 juta tenaga kerja yang terbagi 4,5 juta di sektor manufaktur, 12,5 juta di sektor service related to manufacture jadi turunan manufacture. " Jadi kalau otomatif ada perbengkelan, kalau komputer tentu ada operator, dan lainnya," ujar Menperin.

Selain itu, lanjut Menperin, dalam menghadapi bonus demografi pada kurun 2020–2030 dan era disrupsi Revolusi Industri 4.0, pemerintah sudah menyiapkan strategi khusus. Dalam periode pertama pemerintahan Jokowi - JK, beberapa pondasi sudah disiapkan.

"Saya adalah seorang believer. Kami sudah siapkan pondasi ekonomi. Kalianlah yang akan melanjutkan. Pada 2045 atau saat Indonesia berusia 100 tahun, kita akan menjadi high income country. GDP sebesar USD 23.199. Pertumbuhan di banyak sektor meningkat pesat. Di sektor pariwisata, akan ada 73 juta turis asing yang datang. Bayangkan Thailand sekarang saja 50 juta per tahun,” pungkasnya.

"Misalnya, konektivitas. Pembangunan infrastruktur didedikasikan untuk mempermudah mobilitas masyarakat bekerja dan berusaha. Semua untuk kalian anak anak muda generasi penerus kami yang tua tua," sambungnya. (jpnn)


Menperin Airlangga Hartato mengajak anak muda masuk ke dalam ruang digitalisasi ekonomi untuk kemajuan Indonesia di masa depan.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News