Menpora: Offside Ya Harus Disemprit!

Menpora: Offside Ya Harus Disemprit!
Menpora: Offside Ya Harus Disemprit!
BANDUNG - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Andi Alfian Mallarangeng menyatakan siap berkomunikasi dengan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) terkait ancamannya terhadap Nurdin Halid dan PSSI. "Pemerintah siap berkomunikasi dengan pihak mana pun termasuk dengan FIFA," tegas Andi, usai mengisi kuliah umum pemuda dan kemajuan bangsa Indonesia di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB), Jalan Ganeca, kemarin (26/2).

Menurutnya, ancaman yang dilontarkannya demi kebaikan sepak bola Indonesia, bukan intervensi. Hal itu ditegaskan Andi terkait adanya pihak yang menilai ancaman Menpora sebagai intervensi pemerintah terhadap PSSI. Mereka menilai, jika pemerintah melakukan intervensi, FIFA bisa membekukan keanggotaan PSSI.

Andi menjelaskan, tugas pemerintah bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) adalah membina, mengawasi, dan mengingatkan setiap cabang olahraga yang melakukan kesalahan. Kapasitas pemerintah adalah menjalankan fungsi tersebut. "Itu tugas pemerintah, jadi salah jika kita tidak melakukan itu. Kalau ada yang offside ya perlu disemprit. Tapi dalam konteks yang sangat terbatas untuk mengikuti aturan yang ada," bebernya.

Lanjut Andi, mengacu kepada UU dan peraturan di Indonesia. Aturan ini berlaku bagi semua cabang atau organisasi olahraga di Indonesia. "Jika pemerintah melakukan itu lalu ada pihak yang tidak senang, silakan saja," kata Andi. "Dalam Undang-undang tidak menyebutkan pemerintah Indonesia mengatur, membina, dan mengawasi semua cabang olahraga kecuali sepak bola," tandasnya.

BANDUNG - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Andi Alfian Mallarangeng menyatakan siap berkomunikasi dengan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News